Rafting di Sungai Serayu, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Hai manteman, setelah vakum selama 2 tahun, sepertinya sudah saatnya saya kembali menulis blog hahaha…

Yang mau saya tulis saat ini adalah kisah perjalanan dan pengalaman saya rafting di Sungai Serayu yang terletak di Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. Saya pergi bersama keluarga Mukidi (sebutan untuk sekelompok teman trip yang sudah seperti keluarga) dan beberapa orang baru termasuk teman kampus. Selain rafting ke Sungai Serayu, kita juga mengeksplor Dieng. (Baca juga: Menikmati Dinginnya Udara Dieng)

Kita berangkat sebanyak 36 orang, dengan menggunakan 2 elf. Meeting point (mepo) yang sudah disepakati adalah di kantor Bang Wisnu yang berlokasi di Jakarta Selatan. Kita janjian untuk berkumpul hari Jum’at, 3 Februari 2017 pkl. 21.00 WIB.

Bang Wisnu (sebelah kanan)

Walaupun diminta ngumpul di mepo pkl. 21.00 WIB, tapi waktu itu saya berangkat jam 5 an sore karena takut terjebak macet, kalau berangkat terlalu mepet dari tempat saya di Jakarta Pusat. Saya sampai mepo kira-kira pkl.18.30, saya sempat makan dulu, dan beli cemilan.

Orang pertama yang saya temui di mepo, ya siapa lagi kalo bukan tuan rumah, Bang Wisnu yang udah stand by nungguin kita. Kemudian disusul oleh Dida, Kang Candri, Bunda Penti, Om Anton, Mba Teti, Asih dan yang lainnya menyusul satu per satu berdatangan.

Bunda Penti.
Om Anton.
Kang Candri.

Yang bikin deg-degan, ada teman kampus saya yang ikut trip ini, namanya Nevi Anak Pantai, udah mau jam 9 malam, tapi belum datang juga ckck.. Bilangnya sih udah di Cawang, tapi dia bilang dari 2 jam yang lalu haha.. FYI, dari Cawang ke tempat mepo gak begitu jauh. Tapi akhirnya dia datang juga naik ojek online.

Nevi Anak Pantai.

Semua udah berkumpul, kita diabsen sama Om Budi, lalu berdoa dipimpin Bang Wahid. Jum’at, 3 Februari 2017, pkl. 21.30 kita berangkat menuju Banjarnegara dari Jakarta. Dengan beberapa kali berhenti untuk istirahat, sholat dan makan, akhirnya kita sampai di tempat tujuan keesokan harinya, kurang lebih jam 10 pagi. Kita langsung bergegas ganti pakaian. Bagi yang membawa sandal gunung, dipersilakan untuk dipakai selama berarung jeram. Tapi bagi yang tidak, seperti saya, lebih baik nyeker. Bagi yang memakai kacamata, bagian belakang kacamata diikat dengan karet agar kacamata tidak lepas selama berarung jeram. Kita wajib memakai life jacket atau pelampung dan helm.

Sudah siap berarung jeram.

Sebelum rafting, kita melakukan pemanasan terlebih dahulu dan juga berdoa. Satu perahu diisi 6 orang dan 1 orang skipper (instruktur) . Jadi kita dibagi ke dalam beberapa kelompok. Saya satu perahu dengan Nevi, Runni, Lia, Liana dan Bang Wisnu.

Berdoa sebelum memulai rafting.
Foto rame-rame.
Bang Wisnu, Ilyas, Liana, Runni, Lia, Nevi.

Rafting dimulai! Yang menjadi skipper kita namanya Mas Budi. Ada beberapa arahan yang diberikan oleh skipper sebelum dimulai. Yaitu kita harus fokus, jangan lengah, karena nanti skipper akan memberikan aba-aba selama berarung jeram. Kapan kita harus mendayung maju, mendayung mundur, boom ke dalam, boom ke luar dan stop.

Posisi Boom ke dalam. Dayung diarahkan ke atas dan kita duduk ke tengah semua.
Perahu oleng ke kanan kapten.
Perahu oleng ke kiri kapten.
Wow, kita mau ditelan.
Kita malah mau terjungkir.
Wow, ada yang jatuh dari perahu.
Kita udah kelelep. Help!

Kita rafting sejauh 16 KM, melewati banyak jeram yang berbeda-beda karakternya dan memakan waktu selama 2 jam. Ketika mencapai setengah perjalanan, kita akan beristirahat di titik yang sudah ditentukan. Di sini sudah tersedia gorengan dan kelapa muda. Seger!

Istirahat dulu.
Aiih, berfoto sama bu guru terfashionable se-Jakarta Timur wkwkwk..

Finish! Akhirnya kita sampai di titik terakhir. Yeeaaay… Kita kembali ke tempat semula menggunakan mobil jemputan yang sudah disediakan. Bila tidak sedang menjemput peserta rafting, katanya sehari-harinya mobil ini difungsikan sebagai angkot.

4 orang yang memakai pakaian serba biru ini adalah Tim Rescue. Mereka jalan paling depan, memastikan jalur mana yang aman untuk dilewati.
Nah, kalo ini Tim Rusuh. Sukanya gangguin dan narik-narik orang di perahu lain wkwkwk..
Ketika mau pulang, semua peserta dapat sertifikat.

Sekian cerita saya. Kalo ada yang mau rafting di Serayu, silakan hubungi Arung Jeram Serayu. Dan yang terakhir, mau kasih tau, berikut ada video kita di Instagram Serayu Rafting, dilihat ya hehehe..

Terima kasih.

7 thoughts on “Rafting di Sungai Serayu, Banjarnegara, Jawa Tengah.

1. 😍 rafting perdana aku,, bareng kalian itu rasanyaa.. ada kenangan yg tak terlupakan, kebahagiaan yg tak dapat di ungkapkan ☺